Siapakah Itu Native Speaker?

Native Speaker

Native speaker, diterjemNative Speakerahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai penutur asli atau penutur jati, adalah orang yang bahasa aslinya (bahasa yang ia gunakan sejak ia lahir) adalah bahasa tersebut.

Jadi, seorang native speaker bahasa Inggris adalah orang yang terlahir dari keluarga yang bahasa aslinya adalah bahasa Inggris dan kemudian dia menggunakan bahasa Inggris tersebut untuk berkomunikasi sehari-hari. Lazimnya seorang native speaker bahasa Inggris berasal dari negara yang bahasa aslinya adalah bahasa Inggris (USA, UK, Australia, Canada, New Zaeland).

Jadi, native speaker itu bukan asal orang bule, gitu ya?
Tidak serta merta begitu.

Contonya:
Orang bule yang terlahir dari keluarga Jerman dan hanya bisa berbahasa Jerman atau mungkin bisa sedikit bahasa Inggris itu namanya native speaker bahasa Jerman.

Jadi, dia tidak bisa dijadikan instruktur bahasa Inggris?

Tentu saja tidak dong, karena dia sendiri adalah seorang pembelajar bahasa Inggris. Jadi bahasa Inggrisnya barangkali tidak lebih bagus dari bahasa Inggris Anda.

Ada orang dari suku Jawa mengaku bahasa Inggrisnya bagus dan dia mengaku bisa menjadi native speaker untuk kursus bahasa Inggris. Bagaimana itu?

Itu namanya ora mudeng bin salah kaprah. Istilah yang digunakannya salah, penggunaannya tidak benar.

Jadi, jangan keliru ya tentang pengertian native speaker.

Oya… Anda bahasa aslinya apa? Bahasa Jawa ngapak? Ya, berarti Anda adalah seorang native speaker Bahasa Jawa dialek ngapak.

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email
Please follow and like us:
5

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *