English Edu Tour: Bule Ganteng, Ikan Bakar, dan Antusiasme Belajar Bahasa Inggris

Edu Tour-Jurre
Edu Tour-Jurre

English Edu Tour: Para siswa SMP Al-Azhar 18 Salatiga asyik praktek berbahasa Inggris bersama Jurre Dekker

SEMARANG-Visi dari SMP Al-Azhar 18 Salatiga untuk menjadi sekolah unggulan berdasarkan iman dan taqwa tergambar dari kreativitas sekolah tersebut dalam memvariasikan kegiatan pembelajarannya.

Hari Sabtu pagi (23/3), 102 orang siswa didampingi kepala sekolah dan sebelas orang guru bertolak dari Salatiga menuju ke Semarang. Bermitra dengan LKP Kampung Inggris Semarang (KING), SMP Al-Azhar 18 Salatiga hari itu melaksanakan kegiatan English Edu Tour, pembelajaran bahasa Inggris praktis di luar kelas yang dikemas dalam paket wisata. Gelaran dilaksanakan di Taman Wisata Ngrembel Asri, Gunungpati, Semarang.

Tiba di lokasi acara, para siswa dan guru disambut oleh pimpinan dan instruktur KING. Acara dibuka dalam suasana penuh pompaan semangat namun tetap penuh adab. Selepas melafalkan doa awal majlis, peserta mengikuti presentasi dari Traver Robinson. Instruktur bule asal Australia tersebut menyampaikan materi Australia: Its People and Culture.

Pada sesi kedua dan ketiga, siswa dibagi dalam empat kelompok kecil di beberapa gazebo. Masing-masing kelompok diajar oleh satu orang instruktur dari KING. Setiap kelompok juga berkesempatan untuk bertanya jawab dengan Trevor Robinson dan satu orang guru bule yang lain yakni Jurre Dekker. Bule ganteng dari Belanda tersebut menarik perhatian banyak siswa.

Pembelajaran berlangsung penuh antusiasme dengan selingan humor-humor segar. Sesekali yel-yel penyemangat dan gelak tawa terdengar di sela-sela game, simulasi, dan role play yang diikuti oleh para siswa. Pada jam istirahat, peserta menyantap menu khas Ngrembel Asri, yakni ikan segar dengan berbagai variasi olahan. Kemudian, mereka melaksanakan sholat dzuhur berjamaah.

Kumandang adzan ashar telah terdengar ketika sesi ketiga ditutup. Peserta melaksanakan sholat ashar berjamaah dan mengikuti sesi penutupan. Trevor Robinson kembali tampil. Kali ini ia memberikan quiz. Dua orang siswa pemberani tampil menjawab dengan benar dan mendapatkan hadiah. Saling bertukar cinderamata dan doa penutup yang dibawakan oleh pembina LKP Kampung Inggris Semarang, Rohani, S.Pd, MA, mengakhiri Acara.

Kepala SMP Al Azhar 18 Salatiga, Khotmawati Fajriyah, S.Pd, menyampaikan kesan positifnya tentang kegiatan hari itu, “Kampung Inggris Semarang sangat mendukung apa yang kami targetkan karena well organized dan para instrukturnya bersemangat. Jadi, siswa kami juga ikut bersemangat,” tuturnya. Salah seorang peserta, Carissa Titta Arfiana dalam kesan pesannya menulis, “Pembelajaran yang sangat menyenangkan. Gurunya asyik dan pembelajaran yang dibawakan tidak membosankan.” (Hamz)

Home

 

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email
Please follow and like us:
5

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *