Ingin Anak Berbicara dalam Bahasa Inggris di Rumah

4.1.1

Anda bertanya. Mr Rohani menjawab.

4.1.1Pertanyaan:
Anak saya kelas 3 SD. Setelah kursus bahasa Inggris beberapa waktu lamanya, anak saya belum menunjukkan kemampuannya berbicara dalam bahasa Inggris ketika di rumah. Kami orang tuanya dan semua yang tinggal di rumah kami tidak ada yang bisa berbahasa Inggris aktif.

Hormat kami,
Ayu

Jawaban:
Ibu Ayu Yth. Kami sangat menghargai perhatian yang Ibu berikan kepada putra Ibu. Ibu berharap agar putra Ibu menunjukkan kemampuannya melakukan percakapan dalam bahasa Inggris ketika berada di rumah.

Percakapan merupakan sebuah peristiwa komunikasi dua arah. Orang berbicara antara lain adalah karena hendak meminta sesuatu, mengajukan pertanyaan,  atau menjawab pertanyaan. Jika di rumah Ibu tidak ada seorangpun yang bisa berbahasa Inggris, kemudian Ibu berharap putra Ibu tiba-tiba berbicara dalam bahasa Inggris, mohon maaf,  harapan tersebut merupakan harapan yang sulit dipenuhi. Kita tidak bisa mengharapkan seseorang tiba-tiba berbicara sendiri, karena hal itu adalah hal yang tidak wajar.

Meski demikian, Ibu bisa melihat unjuk kebolehan ketika putra Ibu praktek berbahasa Inggris. Kadang-kadang guru akan memvideokan aktifitas percakapan putra Ibu ketika di kelas. Ibu bisa menyaksikan video tersebut. Kadang juga ada penampilan kebolehan berbahasa Inggris yang dilaksanakan di akhir term yang Ibu bisa saksikan.

Yang terbaik tentunya adalah jika Ibu dan semua yang tinggal di rumah Ibu bisa ikut belajar sehingga memiliki kemampuan bercakap-cakap dalam bahasa Inggris. Dengan begitu, Ibu bisa bertanya dalam bahasa Inggris dan putra Ibu bisa menjawab atau sebaliknya. Begitulah sebuah percakapan, yaitu interaksi dua arah.

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email
Please follow and like us:
5

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *